Kamis, 31 Maret 2016

Hubungan Layanan Manajemen SI

HUBUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN MANAJEMEN LAYANAN SI

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang hubungan antara layanan manejmen SI dengan SIM. Namun sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian dari Sistem Informasi Manajemen dan Manajemen Layanan Sistem Informasi, agar pembaca lebih mudah mengerti dan memahami pembahasan kali ini.

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Manajemen adalah sekumpulan sistem berbasis komputer yang berfungsi untuk memberikan informasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan guna mengorganisasi sebuah perencanaan, sehingga dapat mengambil keputusan agar terciptanya optimalitas dalam produksi suatu perusahaan. Kegiatan tersebut disertai dengan proses input (data) dan menghasilkan output.

MANAJEMEN LAYANAN SI
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti dari layanan itu bisa di umpamakan sebagai Layanan perihal atau cara melayani, contohnya informasi pelayanan yang diberikan suatu kantor atau perusahaan melalui lisan, telepon, atau surat sebagai jawaban atas berbagai hal yang ditanyakan mengenai informasi.
Sistem Informasi adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Manajemen adalah suatu proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Pengertian Manajemen secara etimologis adalah melaksanakan dan mengatur. Pengertian manajemen juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi.


HUBUNGAN SIM DAN MANAJEMEN LAYANAN SI
Manajemen layanan Sistem informasi adalah Metode yang digunakan untuk mengelola dan mengacu pada pelaksanaan kualitas layanan SI yang memenuhi kebutuhan bisnis, Layanan manajemen SI. Kegiatan ini dilakukan oleh penyedia layanan SI melalui gabungan yang tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi. berfokus pada pemberian kerangka kerja untuk struktur SI yang terkait kegiatan dan interaksi tenaga teknis SI dengan penggunanya.
          Setelah pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa SIM adalah wadah yang digunakan oleh manajemen layanan SI untuk mengembangakan bisnis, Oleh karena itu Manajemen sangat diperlukan khususnya SIM agar tercapainya tujuan dalam perusahaan bisnis.

Source :
http://ferryrahman9.blogspot.co.id/2016/03/hubungan-sistem-informasi-manajemen.html




ITIL & COBIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar