Kamis, 31 Maret 2016

definisi ITIL dan COBIT

DEFINISI ITIL & COBIT
      
Kemudian pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan perngertian dari ITIL & COBIT

  • ITIL











ITIL atau Information Technology Infrastructure Library, merupakan sebuah framework yang dibuat dan dikembangkan oleh Office of Government Commerce (OGC) di Inggris. ITIL merupakan kumpulan dari  tata kelola layanan teknologi informasi diberbagai bidang dan industri, dari mulai manufaktur sampai finansial, industri besar dan kecil, swasta dan pemerintah. ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang masing-masing membahas suatu topik pengelolaan TI. ITIL memberikan deskripsi detail tentang beberapa praktik TI, penting dengan daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.


  • COBIT

Control Objective for Information and related Technology, atau disingkat COBIT, adalah suatu panduan standar praktik manajemen teknologi informasi. Standar COBIT dikeluarkan oleh IT. Maksud utama COBIT ialah menyediakan kebijakan yang jelas dan good practice untuk IT governance, membantu manajemen senior dalam memahami dan mengelola resiko-resiko yang berhubungan dengan IT. COBIT menyediakan kerangka IT governance dan petunjuk control objective yang detail untuk manajemen, pemilik proses bisnis, user dan auditor.
      Alat untuk IT profesional yang menghubungkan praktek IT dan kontrol  COBIT menggabungkan dan harmonisasi standar dari sumber terkemuka di dunia menjadi sumber daya yang penting untuk manajemen, kontrol dan profesional auditor Mereka berdua saling terkait satu sama lain, ITIL berfungsi sebagai software dan framework, sedangkan COBIT adalah metode yang dilakukan atau yang bisa dilakukan dalam pengembangan yang dilakukan oleh ITIL.

Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
https://id.wikipedia.org/wiki/COBIT
hhttps://haendra.wordpress.com/2012/06/08/pengertian-cobit/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar