Manajemen Pelayanan Teknologi Informasi : Sebuah Daerah
Muncul Untuk Penelitian Akademis Dan Pengembangan Pedagogis
1.
Pendahuluan
Ekonomi
dari negara-negara industri telah dialihkan, selama ini pertanian dan manufaktur ekonomi berdasarkan
pemerintah dan layanan bisnis . Lebih dari 75% dari ekonomi negara-negara industri,
dan negara-negara berkembang. The
Information & Communication Technology (ICT) adalah peserta utama dalam
lanskap ekonomi yang berubah ini. TIK menciptakan dan mendukung sistem informasi
yang terintegrasi dengan orang dan proses untuk memberikan layanan servis
pemerintah. organisasi ICT yang di bawah tekanan yang ekstrim untuk memberikan
teknologi informasi (IT) layanan secara efektif dan efisien untuk mendukung
layanan servis pemerintah. Untuk memberikan modal intelektual yang dibutuhkan
di masa depan, baru dan daerah berkembang studi akademis disebut Layanan Ilmu berkembang
untuk mengatasi kebutuhan ini. Jasa Sains adalah campuran dari ilmu komputer, riset
operasi, teknik industri, strategi bisnis, ilmu manajemen, sosial dan kognitif
ilmu, dan ilmu hokum, Ini adalah sebuah penyatuan berbagai disiplin ilmu untuk
mempelajari praktik terbaik untuk memberikan layanan servis pemerintah
(termasuk layanan TI).
2.
TEKNOLOGI INFORMASI MANAJEMEN PELAYANAN
Layanan
Informasi Teknologi Manajemen (ITSM) adalah bagian dari disiplin Layanan Ilmu
yang berfokus pada IT pengiriman operasi dan dukungan. IT memainkan peran
penting dalam mendukung dan memuaskan kebutuhan bisnis. ITSM adalah seperangkat
proses yang praktek terbaik detail berdasarkan standar ITIL ke mengaktifkan dan
mengoptimalkan layanan TI untuk memenuhi bisnis persyaratan dan mengelola
infrastruktur TI baik taktis dan strategis. Ini adalah tugas penyedia layanan TI untuk memastikan
bahwa sistem TI yang terpasang dengan benar dan orang-orang yang diperlukan
dilatih untuk memastikan bahwa organisasi menerima manfaat dari layanan. Ketika
penyedia layanan memperpanjang luar negeri, kemampuan untuk menyediakan layanan
rumit oleh pemerintah yang berbeda peraturan dan budaya nasional.
ITSM
adalah disiplin untuk mengelola sistem TI yang menggunakan proses orientasi
yang berbeda dengan pendekatan yang berorientasi teknologi untuk IT manajemen. Penyedia
layanan TI tidak bisa lagi untuk fokus pada teknologi dan organisasi internal
mereka, mereka harus mempertimbangkan kualitas layanan yang mereka berikan dan fokus
pada hubungan dengan pelanggan. ITSM adalah proses yang fokus. ITSM menyediakan
kerangka kerja untuk struktur kegiatan yang berkaitan dengan IT dan interaksi
IT tenaga teknis dengan pelanggan bisnis dan pengguna. ITSM sering dikaitkan
dengan Pemerintah Inggris Teknologi Informasi Infrastructure Library (ITIL)
Gambar 1: Evolusi ITSM
Teknologi Informasi
Infrastruktur Perpustakaan
Teknologi Informasi Infrastructure Library (ITIL) adalah kerangka praktik terbaik
dimaksudkan untuk memfasilitasi pengiriman layanan TI berkualitas tinggi. ITIL
dibangun di sekitar proses model berdasarkan pandangan mengendalikan dan
mengelola operasional TI. Pengendali Komputer dan Badan Telekomunikasi dari
Pemerintah Inggris ITIL dikembangkan pada 1980-an dalam menanggapi pertumbuhan
yang ketergantungan pada teknologi informasi.
3. AKADEMIK PENELITIAN
Meskipun
pertumbuhan signifikan dari praktek ITSM di industry, dalam layanan tidak ada
akademis komunitas ulama yang berbagi misi umum untuk memahami akar arena ini kegiatan
ekonomi, atau bagaimana itu untuk maj. Memang, layanan sub bidang yang muncul
di terpisah, bidang akademik siled seperti manajemen, dan ilmu komputer, tetapi
berharga untuk mengintegrasikan apa yang telah mereka lakukan, Jika akademisi, industri, dan pemerintah
dapat membuat agenda bersama penelitian difokuskan pada sektor jasa, ini tidak
perlu terus. Melalui pengembangan terminologi umum dan metode yang meningkatkan
wawasan kita ke dalam domain layanan, kami dapat menyambung kembali universitas
untuk kegiatan ekonomi dominan masyarakat yang lebih luas yang mendukung
mereka.
Operasi
IT yang sebagian besar telah diabaikan oleh penelitian IT dan pedagogi.
Meskipun pertumbuhan badan penelitian pada aspek terisolasi dari operasi jasa, Selanjutnya,
sistem informasi manajemen utama penelitian didominasi oleh pendekatan variabel
empiris, mengumpulkan data di kelompok organisasi dan menghubungkan variabel
dengan model linear menggunakan metode statistic.
4. INISIATIF PEDAGOGIS
Inisiatif
ini menekankan program sarjana dan pascasarjana yang berfokus pada pengembangan
dan dukungan dari layanan servis pemerintah dan internal operasi organisasi TI.
Pendagogis sendiri memiliki arti ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Pedagogi merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar.
Sehubungan dengan strategi mengajar
itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi,
lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan
guru.
Inisiatif
ini sedang dipromosikan melalui IT yang Manajemen Forum Service, industri
professional Kelompok didukung terutama oleh perusahaan teknologi dan konsultan.
SMF adalah independen, bukan untuk keuntungan, dunia organisasi yang
didedikasikan untuk IT keunggulan operasional dan dukungan pengguna ITIL.
5. KESIMPULAN
Dalam
banyak hal, ini adalah persis situasi untuk IT jasa. layanan TI telah membantu
memberikan alat dan proses mengubah ke setiap bagian dari organisasi selama
beberapa dekade. Namun, IT layanan telah ada selama 40 tahun ditambah dengan
sedikit intern standardisasi atau definisi proses. Sebagai ekonomi lanskap
perubahan dunia dan layanan dukungan TI transisi untuk lini depan operasi
global, kebutuhan untuk membangun IT profesional standar Layanan adalah yang
terpenting. layanan TI, berdasarkan berulang terbaik praktek harus melihat ke
dalam dan standarisasi kegiatan sehari-hari sehingga mereka secara efektif dan
efisien dapat mendukung organisasi.
Sumber :
https://www.researchgate.net/publication/220271477_Information_technology_service_management_An_emerging_area_for_academic_research_and_pedagogical_development
Tidak ada komentar:
Posting Komentar