HUBUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN MANAJEMEN
LAYANAN SI
Pada kesempatan kali
ini saya akan menjelaskan tentang hubungan antara layanan manejmen SI dengan
SIM. Namun sebelum itu saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian
dari Sistem Informasi Manajemen dan Manajemen Layanan Sistem Informasi, agar
pembaca lebih mudah mengerti dan memahami pembahasan kali ini.
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Sistem Informasi Manajemen
adalah sekumpulan sistem berbasis komputer yang berfungsi untuk memberikan
informasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan guna mengorganisasi sebuah
perencanaan, sehingga dapat mengambil keputusan agar terciptanya optimalitas
dalam produksi suatu perusahaan. Kegiatan tersebut disertai dengan proses input
(data) dan menghasilkan output.
MANAJEMEN LAYANAN SI
Menurut Kamus Besar
Bahasa Indonesia arti dari layanan itu bisa di umpamakan sebagai Layanan
perihal atau cara melayani, contohnya informasi pelayanan yang diberikan suatu
kantor atau perusahaan melalui lisan, telepon, atau surat sebagai jawaban atas
berbagai hal yang ditanyakan mengenai informasi.
Sistem Informasi adalah
suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil
keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem
tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan
prosedur-prosedur yang tergorganisasi.
Manajemen adalah suatu
proses pengorganisasian seperti perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan
pengendalian atau pengawasan. Pengertian Manajemen secara etimologis adalah
melaksanakan dan mengatur. Pengertian manajemen juga dipandang sebagai disiplin
ilmu yang mengajarkan proses mendapatkan tujuan dalam organisasi.
HUBUNGAN SIM DAN MANAJEMEN LAYANAN SI
Manajemen layanan Sistem
informasi adalah Metode yang digunakan untuk mengelola dan mengacu pada
pelaksanaan kualitas layanan SI yang memenuhi kebutuhan bisnis, Layanan
manajemen SI. Kegiatan ini dilakukan oleh penyedia layanan SI melalui
gabungan yang tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi. berfokus
pada pemberian kerangka kerja untuk struktur SI yang terkait kegiatan dan
interaksi tenaga teknis SI dengan penggunanya.
Setelah pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa SIM adalah wadah yang digunakan oleh manajemen layanan SI untuk mengembangakan bisnis, Oleh karena itu Manajemen sangat diperlukan khususnya SIM agar tercapainya tujuan dalam perusahaan bisnis.Source :
http://ferryrahman9.blogspot.co.id/2016/03/hubungan-sistem-informasi-manajemen.html
ITIL & COBIT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar