Minggu, 13 November 2016

Sistem Cerdas Dikehidupan Sehari-hari

Contoh Sistem Cerdas dalam Kehidupan Sehari - hari

Sistem cerdas atau yang dapat dikenal dengan kecerdasan bauatan (artificial intelligence) adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan eksternal suatu sistem. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Sistem cerdas sudah digunakan diberbagai bidang kehidupan mulai dari pendidikan, hingga perbankan. Seperti robotik, google assistant, atau yang kerap kita temukan dalam kehidupan sehari-hari yakni atm.




1.  ATM
ATM dalam bahasa Indonesia adalah Anjungan Tunai Mandiri, dan dalam bahasa Inggris adalah Automated Teller Machine yang diartikan sebuah alat elektronik yang melayani nasabah bank, untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang teller.

Berikut Proses Input Output pada ATM :

1. Masukkan Kartu ATM










2. Masukkan Nomor Pin Anda
Setelah pilih bahasa lalu masukkan nomor pin anda, untuk bank mandiri biasanya 4 digit, lalu tekan enter dan ingat jangan memberitahukan pin dan nomor kartu anda kepada siapapun.








3. Pilih Transaksi Yang Anda Inginkan










Setelah memasukkan nomor pin anda maka akan muncul menu utama yang terdiri dari pilihan penarikan uang, penarikan jumlah lain, transaksi lainnya, bayar/beli, prabayar mandiri. Jika tujuan anda menggunakan ATM adalah untuk mengambil uang, anda tinggal tekan tombol sesuai jumlah uang yang ingin anda pilih.

4. Selesai
Terakhir ambil uang anda yang keluar dari atm dan jangan lupa untuk mengambil kartu atm anda.



          2. Vending Mechine
Vending Machine adalah mesin yang digunakan untuk mengeluarkan/menjual produk secara otomatis tanpa ada operator. Operator tidak perlu menunggu mesin, tetapi hanya bertugas untuk mengisi, memeriksa ketersediaan barang yang dijual dan memeriksa mesin.

Berikut proses penggunaan vending mechine :

1.    Masukkan uang kertas atau uang koin ke dalam slot uang sesuai jenis uang tersebut.











2.    Pilih Produk yang ingin dibeli dengan cara menekan tombol yang ada di bawah bar harga dan produk.











3.    Tunggu produk yang akan anda beli jatuh ke slot pengambilan barang pembelian yang ada dibawah.
4.    Ambil produk yang anda beli di Slot Pengambilan barang dengan cara membuka penutupnya.











          3. Barcode Scanner 
Barcode Scanner adalah alat yang digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk consumer good. Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang

Cara Kerja Barcode Scanner

Barcode Scanner set terdiri dari scanner, decoder dan kabel yang menghubungkan decoder ke komputer. Scanner Barcode scan simbol, untuk menangkap dan mengkonversi data ke bar elektrik dan mengirimkannya ke komputer dengan format data sederhana.


       





Dalam kehidupan sehari-hari pekerjaan kita tidak jauh dari alatt Sistem Cerdas. Dari 3 contoh diatas membuktikan bahwa sistem cerdas yang berbentuk alat, robot atau mesin digunakan dan dibutuhkan oleh manusia. Dengan begitu pekerjaan manusia akan lebih mudah dan lebih efesien. Dari 3 contoh diatas ada Mesin ATM, Vending Mechine, Barcode Scanner memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun memiliki peran yang penting untuk membantu pekerjaan manusia.


SUMBER


Tidak ada komentar:

Posting Komentar