Sabtu, 18 Oktober 2014

Jenis-Jenis Printer dan Video Display


I. HARD COPY DEVICE

Printer
      Printer adalah alat pencetak dengan media kertas. Printer digunakan untuk mencetak informasi yang dihasilkan dari proses pengolahan data yang telah dilakukan oleh computer, baik itu dalam bentuk gambar, tulisan ataupun yang lainnya kedalam media kertas atau sejenisnya.

Impact printer menggunakan pengetuk (hammer) untuk mencetak bentuk yang diinginkan. Impact Printer menggunakan pita karbon yang ditekan membentuk langsung suatu bentuk yang utuh atau sebagian dikertas.
Printer jenis ini mempunyai banyak tipe yaitu :
  1.    . Dot Matrix Printer
  2.      Daisy Wheel Printer
  3.       Thimble Printer
  4.       Chain Printer
  5.       Band Printer
  6.       Drum Printer


1.        Dot Matrix Printer









Bentuknya berupa image atau karakter yang dibentuk dengan kombinasi jarum-jarum membentuk pola yang akan di cetak. Pola dari jarum diketukkan ke karbon dan akan membentuk pola yang dikehendaki di kertas dalam bentuk matrik 7 baris 5 kolom . Printer jenis ini termasuk murah dan dapat mencetak image.karena karakter atau image dihasilkan dari pola yang dibentuk dari titik-titik, maka dengan printer ini dapat dicetak bermacam-macam bentuk yang dikehendaki seperti grafik atau gambar. Kelemahan dari printer ini adalah kualitas karakter yang kurang baik. Namun sekarang ada jenis printer ini dengan sebutan NLQ (Near Letter Quality)

2.     Daisy Wheel Printer






       Printer ini menggunakan sebuah roda (wheel)yang berisi karakter-karakter, tiap karakter di roda terletak pada sebuah lengan plastik yang dilekatkan pada pusat roda, sehingga bentuknya seperti bunga daisy. Roda yang berisi karakter-karakter akan berputar dan akan berhenti pada posisi karakter yang dikehendaki, selanjutnya karakter ini akan diketuk dengan suatu pemukul dan akan tercetak di kertas melalui suatu karbon. Kecepatan daisy wheel printer adalalh sekitar 55 cps (character per second).
3.        Thimble Printer







       Printer ini merupakan letter quality printer yang menggunakan elemen berbentuk thimble yang terdiri dari batangan plastik yang diatur melingkar seperti daisy wheel printer tetapi batangan tersebut dibengkokan.

3.      Chain Printer








          Printer ini menggunakan suatu rangkai yang berisi karakter-karakter untuk membentuk hasil cetakannya. Rantai tersebut akan berputar secara horizontal dan setelah tepat pada posisi pencetakan, palu pemukul akan mengetuk pola karakter pada rantai melalui karbon. Chain printer mempunyai kecepatan yang tinggi sampai 1000 baris per menit.

4.      Band Printer








          Printer ini sama pengoperasiannya dengan chain printer, menggunakan pita besi (steel band) yang berisi kumpulan pola karakter.

5.    Drum Printer








          Printer ini merupakan kumpulan karakter yang diletakkan pada permukaan luar suatu drum metal. Tiap posisi kolom percetakan terdapat satu lingkaran kumpulan karakter di drum. Proses pencetakan karakter ini dilakukan dengan memutar drum sampai pada bentuk karakter yang diinginkan, dan palu akan mengetuk karakter tersebut.


-          Serial Printer









          Serial Printer atau yang disebut juga dengan nama character printer karena cara mencetaknya adalah satu karakter tiap saat secara serial. yang termasuk kedalam serial printer adalah dot matrix printer, daisy wheel printer, thimble printer, inject printer, thermal printer, electrostatic printer dan thermal transfer printer.

Kecepatan dari serial printer biasanya diukur dengan satuan cps (character per second).

-      Line Printer











          Line printer bekerja dengan cara mencetak satu baris sekaligus setiap saat. 
Yang termasuk jenis line printer adalah chain printer, band printer, dan drum printer. Kecepatan dari line priter biasanya di ukur dengan satuan lpm (Line per minute).

-      Page Printer






          Page printer dapat mencetak satu halaman tiap saat. Yang termasuk page printer adalah laser printer. Kecepatan dari page printer juga biasanya diukur dengan satuan Ipm (line per minut) atau ppm (pages per minute). Kecepatan dari page priter sangat tinggi bisa mencapai 20000 baris dalam tiap menitnnya (20000 Ipm), yang berarti sekitar 333 baris tiap detiknya. Misalnya satu baris dianggap terdiri dari 80 kolom karakter, maka 20000 Ipm = 333 Ips = 26640 cps atau sekitar 88 kali lebih cepat dari kecepatan dot matrix printer yang mempunyai kecepatan 3000 cps.


-      Intelelligent Printer Controller








          Intelleigent Printer Controller merupakan alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah atau beberapa printer, sehingga sebuah printer dapat di pergunakan bersama - sama secara otomatis atau dapat dipindahkan antara satu printer dengan printer yang lain.
Printer controller ini dikatakan intelligent karena mempunyai CPU dan memori tesendiri yang akan mengukur penggunaan printer bersama - sama. Memori di printer controller berfungsi sebagai buffer data yang akan dikirimkan ke printer untuk dicetak.

II.            SOFT COPY DEVICE

Yang termasuk kedalam soft copy device adalah :
1.    Video Display
2.    Flat Panel Display


1. Video Display

    Video display merupakan layar yang berupa tabung sinar katoda atau Cathode Ray Tube (CRT). Biasannya video display dilengkapi dengan keyboard, sehingga berfungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan sebagai alat output yang disebut dengan terminal dan terkenal dengan nama CRT terminal atau VDT (Visual Display Terminal). Video display disebut juga dengan sebutan VDU (Visual Display Unit). Kalau anda menggunakan mikro komputer, maka video display yang dipakai biasanya disebut dengan monitor, karena video display ini dapat juga digunakan untuk video monitor.
     Tampilan di video display dilakukan dengan menyinarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar diperkuat untuk membuat tampilan titik lebih terang dan diperlemah untuk membuat tampilan titik lebih gelap. Masing - masing titik di video display disebut dengan picture elemenet atau singkatannya picel (lebih dikenal dengan sebutan pixel). Pixel ini sama dengan titik yang dibentuk oleh dot matrix printer sewaktu mencetak hasil dikertas yang dibentuk dari beberapa titik.
Video display dapat digolongkan ke dalam beberapa golongan, yaitu :
a)         Alphanumeric Display
b)        Graphic Display
c)         Monochrome Display
d)        Color Display
e)        Computer Display Projector 


a.  Alphanumeric Display










  Alphanumeric display digunakan hanya untuk menampilkan teks karakter (huruf, angka dan karakter khusus). Layar dari display ini dibagi dalam beberapa baris dan kolom. Layar CRT yang banyak digunakan adalah 25 baris dan 80 kolom (komputer IBM PC).
     Beberapa komputer ada yang menggunakan layar CRT yang dibagi dalam 25 baris dan 40 kolom (komputer apply II) dan ada juga yang dibagi dalam 16 baris dan 60 kolom(computer radio shack). Tiap - tiap sel dari baris dan kolom terdiri dari beberapa pixel yang membentuk matrik untuk masing - masing posisi karakter, jumlah dari pixel untuk membentuk suatu karakter tertentu untuk tiap - tiap sel, dapat terdiri dari matrik 6X8, 8X8, 8X10 dan lain sebagainya.
     Pola dari karakter yang akan ditampilkan dilayar diletakkan pada suatu daerah tertentu (daerah ini dikenal dengan istilah chacter map) di ROM (red only memory). ROM berupa chip yang digunakan untuk menyimpan pola dari karakter disebut dengan character generators. Misalnya karakter “A” akan ditampilkan di layar, CPU akan mengirimkan kode untuk karakter tersebut ke ROM di character dan pola dari karakter akan dikirim ke lokasi sel tertentu di layar.


b.  Graphic Display



          









      Graphic display dapat menampilkan grafik maupun gambar. Grafik banyak dipergunakan baik pada aplikasi teknik maupun pada aplikasi bisnis. Gambar banyak ditemukan pada bidang aplikasi teknik sipil, arsitek, mesin dan lain - lainnya. Karena penggunaan grafik dan gambar semakin dibutuhkan pada komputer. Sekarang ini hampir semua komputer melengkapi layar terminalnya dengan graphic display.
Graphic display disamping mempunyai kemampuan menampilkan grafik atau gambar, juga berfungsi sebagai alphanumeric display yang juga dapat menampilkan teks karakter.
        Graphic display dapat menampilkan grafik atau gambar dengan beberapa macam resolusi. Misalnya untuk computer IBM PC dapat dalam bentuk resolusi menengah (medium resolution) dan resolusi tinggi (high resolution). Untuk resolusi menengah, jumlah titik - titik (pixel) di layar adalah baris mendatar sebanyak 200 titik dan kolom verikal sebanyak 320 titik. Untuk resolusi tinggi, jumlah titik - titik (pixel) di layar adalah baris sebanyak 200 titik dan kolom vertikal sebanyak 640 titik. Karena resolusi tinggi mempunayi jumlah pixel yang banyak. Tentunya grafik atau gambar yang dihasilkan akan lebih padat dan lebih baik.
         Priceton Graphic Sistem LM-3000 monitor merupakan suatu Graphic display “what you see is you get” (W Y S I Y G). Ukuran dari display ini adalah 8½ “X 11” yang memungkinkan teks atau graphic satu halaman penuh dapat ditampilkan di layar dengan resolusi yang tinggi (1200 X 1664 pixels) sehingga apa yang akan tampak di layar akan persis yang anda dapatkan sesuai dengan posisi dan ukurannya bila dicetak. Monitor ini dapat digunakan untuk aplikasi di komputer IBM XT atau yang kompatibel.

c. Monochrome Display











       Monocrome display menggunakan layar dengan warna tunggal, biasanya berwarna hijau phospor atau ada yang berwarna orange (amber). Kelebihan monochrome display dibandingkan dengan color display adalah karakter yang di bentuk rapat (jumlah pixel lebih banyak untuk membentuk suatu karakter). Sedang kekurangannya adalah tidak berwarna - warna (hanya berwarna tunggal). Misalnya untuk komputer IBM PC yang menggunakan monochrome display, tiap - tiap karakter dibentuk dari matrik lebar 9 pixel dan tinggi 14 pixel.
d. Color Display











        Color display menggunakan tiga sinar elektron yang terpisah yaitu berwarna merah. Biru dan hijau yang dapt dikombinasikan untuk membentuk warna yang diinginkan di layar. Color display lebih mahal dibandingkan dengan monochrome display, karena dibutuhkan sirkuit dan komponen tambahan yang dibuthkan untuk menghasilkan warna. Umumnya sekarang, color display dapat menampilkan hasil dalam bentuk grafik dan gambar yang berwarna - warna. Sehingga color display juga merupakan graphic display. Misalnya pada komputer IBM PC yang menggunakan color display. Dapat ditampilkan sebanyak kombinasi 16 warna dengan 8 warna latar belakang serta dapat dibuat berkedip (blinking).
e. Computer Display Projector











     Layar dari video display ukurannya terbatas dan tidak jelas terlihat tampilannya dari jarak jauh. Untuk keperluan - keperluan tertentu. Seperti misalnya untuk rapat, sidang, seminar, training, pendidikan dan lain sebagainya, sebagai tambahan dapat dipergunakan computer display projector atau disebut juga dengan computer data projector untuk memproyeksikan tampilan di video display ke layat ukuran besar (sampai dengan 4x4 meter layar).
General Elecrtric menawarkan computer display projector menggunakan remote control unit yang dapat digunakan untuk mengataur warna, ketajaman, lengkung gambar dan lain sebagainya dengan merk Imager 100, Imager 200 dan Imager 300.


2.      Flat Panel Display

       Flat panel display merupakan display yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih. Dibandingkan dengan video display. LCD menggunakan lebih sedikit energi dan karena bentuk layarnya pipih, maka komputer portabel biasanya menggunakan flat panel display. Kelemahan dari penggunaan LCD adalah tampilannya yang kurang jelas, apabila kalau dilihat dari sudut yang miring. Karena LCD tidak mengeluarkan sinar, tidak seperti halanya CRT.
       Flat panel display selain menggunakan LCD. Juga ada yang menggunakan gas, yaitu campuran dari gas neon dan argon yang diisikan diantara lempengan kaca pipih yang membentuk layar. flat panel display yang menggunakan gas tersebut disebut dengan plasma display.
      Teknologi flat panel display lain - nya mempunyai kemampuan mendekati CRT adalah electroluminescent (EL) display yang lebih jelas tampilannya dan mempunyai resolusi lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi flat panel display lainnya.

   
a. LCD (Liquid Crystal Display)











Saat ini perkembangan LCD sangatlah pesat. Itu disebabkan karena monitor LCD lebih menghemat tempat dibandingkan dengan monitor CRT yang memiliki ukuran lumayan memakan tempat. Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap pixel terdiri atas tiga buah cell kristal cair. Setiap ketiga cell tersebut memiliki filter merah, hijau, atau biru (Red-Green-Blue/RGB). Sinar yang melewati cell yang terfilter tersebut akan menciptakan warna yang Anda lihat pada LCD. Kadang-kadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu cell atau lebih tidak berjalan dengan baik. Kejadian tersebut menimbulkan adanya pixel yang gelap dan “rusak” yang sering disebut sebagai dead pixel.
Hampir semua LCD berwarna modern menggunakan sebuah transistor film yang tipis (Thin-Film Transistor/TFT), yang dikenal sebagai active matrix, untuk menghidupkan setiap cell. LCD TFT menciptakan citra yang lebih jelas, jernih dan terang. Teknologi LCD terdahulu sangat lambat, kurang efisien, dan kontrasnya sangat rendah. Teknologi matriks terdahulu, passive-matrix, mampu menampilkan teks yang jelas tetapi meninggalkan bayangan jika tampilan berubah dalam waktu cepat, sehingga tidak optimal untuk video.
Keuntungan dari monitor LCD ini adalah karakter bright yang nyaman dimata serta bebas distorsi, Tidak bergantung pada refreshrate, user frendly, hemat listrik, ukuran yang ringkas, ringan serta tampilan yang lebih menarik. Namun, terdapat kekurangan seperti viewing angle terbatas, tampilan gambar baik hanya di resolusi native-nya, response time dan ghosting, warna kurang akurat, harga lebih mahal.


 b. LED (Light Emitting Diode) 













Memiliki teknologi yang sama dengan LCD. Perbedaan secara fisik pada LED komputer umumnya terletak pada bentuknya yang lebih ramping / tipis. Pada beberapa tipe LED memiliki fungsi dan fitur yang lebih lengkap dibandingkan LCD, seperti kemampuan digital touch screen, Digital TV internet, Digital TV tuner. Sedangkan perbedaan secara umum antara LED dan LCD hanya terletak pada sistem pencahayaannya yang menggunakan teknologi LED backlight. Berbeda dengan LCD yang menggunakan CCFL Backlight (lampu neon berjenis fluorescent), monitor LED mampu menghemat konsumsi listrik hingga 50 – 70% dibandingkan dengan LCD dengan kemampuan menghasilkan gambar yang sangat tajam.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar